Minggu, 23 Januari 2011

liburan 2010

rabu 22desenber 2010.
berangkat dari rumah jam 4.
naik bis panca, dalam bis aq menyatakan sesuatu pada gadis berkerudung merah.bis melaju terus tapi sampai demak dioper kebis hamita sampai terboyo.
dari terboyo naik angkutan genuk-johar turun di alfa lama, n jalan kaki kerumah pakdenya rizal
sampe semarang dirumah pakdenya jam 5.30.
mana listrik dirumah pakdenya mati lama, sampe keberangkatan.
tapi enak juga, disitu dikasih maem malem, jadinya g perlu beli.
jam 20.30 berangkat dari rumah pakdenya naik becak ke st.poncol, becak juga dibayar sama pakdenya rizal.
jam 21.00 sampai di st.poncol tau2 dah dibeliin tiket kereta sama pakdenya juga yang tadi kesini lebih awal dg sepeda.
ngirit tenan, dalam menanti kereta yang sedikit telat itupun juga dibeliin kopi sama pakdenya.
21.45 kereta datang, ndlalah penuh, g dapet tempat duduk, akhirnya duduk pake alas koran dibawah.
mana kaki g bisa diluruskan lagi, sampe akhirnya kakiku tak masukin kolong tempat duduk.
sepanjang perjalanan tu banyak sekali pedagang asongan yang kesana kemari, duh rasanya diinjak-injak sama pedagang, bikin kotor semua.
tapi setidaknya tak apalah, masih bisa tidur n ditemani smsan sama gadis berkerudung merah sampe tujuan.
nikmat bisa smsan sama gadis berkerudung merah sampai pagi lagi....

kamis 23 desember 2010
jam 05.30 sampai juga di st.kediri. akhirnya bisa keluar dari sumpeknya kereta matarmaja.
setelah sampai kami istirahat sebentar di st.kediri, sarapan bekal yang dibawain pakdenya rizal, duh nikmatnya g keluar ongkos lagi saat pagi disanan.
jam 6.00 perjalanan kami lanjutkan, yang pertama nyari kali brantas soalnya itulah akses yang dapat mempermudah.
setelah berjalan setengah jam kami menemukan kalinya.
kamipun melanjutkan perjalanan nyari pondok lirboyo, akhirnya kami menemukan gang yang menuju lirboyo.
akan tetapi badan kami bau acem banget, akhirnya kami memutuskan untuk mencari tempat mandi.
lama g dapet2 masjid. ketika dapet eh mala ada acara dimasjid tersebut, akhirnya nyari lagi dan dapat masjid yang bernama attaqwa.
ketika menemukan aq disms gadis berkerudung merah "lindhang mandi gi". perhatian banget g????
setelah mandi sekitar jam 8.00 perjalanan dilanjutkan menuju kawasan pondok.
jam 9.00 akhirnya sampai dipondok.
dipondok agak rumit, mana muter2 lagi nyari kamar r15 yang ditempati saudaraq lagi. jadinya agak lama.
akhirnya ketemu juga. betapa kagetnya saudaraq itu melihat kami. sepertinya dia g percaya.
ngobrol pun dimulai, walaupun sebentar. habis itu disuruh masuk kekamarnya ngeliat2 kondisi orang2nya.
saat q disana temen2nya masih pada tidur, maklum sekolahnya malem...
jam 12.00 aq tidur. abisnya capek banget sampe akhirnya bangun jam 16.00an.
abis bangun mandi n berkenalan sama temen2 saudaraq.
mana cara mandinya unik lagi. harus bawa gayung sendiri, intinya kalo kekamar mandi tu bawa gayung sendiri2.
asyik banget dipondok.
dipondok tu aq agak bingung coz jam disana makenya WIS (waktu istiwa') kurang lebih 1/2 jam lebih cepet dari WIB.
selepas sholat maghrib kami melihat temen2 saudaraq nyiapin peralatan buat srakalan maulid simtud  duror, sama festival.
setelah acara selesai kami diajak saudara kami ziaroh ke maqbarohnya pendiri lirboyo sebagai cara ndodog lawang.
abis itu nyari makan n kembali kekamar n tidur.

jumat 24 desember 2010
jam 9.00 kami pergi kekota kediri dengan menyewa sepeda. aq berboncengan dengan rizal, dan saudaraq dengan mas agus.
saudaraq tak jadikan sepagai pemandu wisata. maklum yang lebih faham daerah kediri.
saat pergi keliling kota itulah juga saat dimana gadis berkerudung merah kembali kepondok.
tapi saat itu juga gadis berkerudung merah meminta dengan bilang "ow ya q kan dapet jaga internet dipondok setiap hari minggu, kalo bisa hari minggu ol ya?"
suatu permintaan yang wow menurutq.
dalam keliling tersebut kami sampai kemana-mana.
1. kami ke stasiun kediri, nyari informasi buat kepulangan kecirebon besok.
2. kealun2 kediri sambil liat masjid agung kediri.
setelah itu kami muter2 dikota sambil nyari sarapan.
setelah sarapan sekitar jam 11.00an kami balik lagi kepondok.
nyampai dipondok kami membeli sesuatu oleh2 yang khas dari sana, yaitu ena tutul dengan tinta baknya.
jam 12.00 berangkat jumatan dimasjid lirboyo.
mana khutbahnya pake bahasa arab lagi, g faham yang disampaikan babar pisan. tapi cepetnya subkhanallah. g kaya diwelahan.
setelah jumatan tidur siang, tapi sayang aq g bisa tidur jadinya tak tinggal ngobrol sama temennya sampe sore.
jam 15.00an mandi, mumpung sepi.
jam 16.00 kami menuju kelapangan ponpes lirboyo sambil nonton bola sampai surup.
nikmat tenan sore itu, sore terakhir bersama saudaraq di lirboyo, nonton bola sambil ganyang cemilan.
jam 18.00 kami kembali kekamar, sholat magrib+ isya'.
berhubung habis magrib saudaraq sekolah, kami disuruh ikut temennya yang saat itu kebetulan dapat giliran jaga.
aku dan rizal ikut dipenjagaan sampai jam 21.00an. habis itu kembali kekamar, walaupun dikamar g ada orang, cuma kami berdua. duh sepinya.
jam 22.00 lampu dikamar tiba2 mati, duh tambah gelap banget, jadinya berdua dalam kegelapan sambil nunggu penghuninya pulang dari sekolah.
setelah pada pulang, lampu diurusi sampe beres.
jam 22.30an kami pun mencari makan, kami dibeliin nasi goreng. enaknya makan senampan ber3.
setelah ganyang nasi gorengpun kami kembali kekamar buat tidur. mempersiapkam perjalanan jauh.

sabtu 25 desember 2010
jam 7.00 - 11.00 kami melakukan packing, beres2. mandi, buang hajat buat persiapan perjalanan jauh.
setelah paking beres kami mencari sarapan, mana saudaraq belinya nasi terung yang dibumbu balado,
susah q saat itu, q g doyan sayur terung.... jadi mau tidak mau tak telen. walaupun habis itu perutq rasanya g karu2an.
setelah makan kami bersiap2 pergi kestasiun.
sebelum keluar pondok kami sempat photo2an di masjid lirboyo buat kenangan.
setelah puas punya foto kenangan kami berangkat dengan becak. iupun sebecak bertiga, nikmat tenan...
sebelum ke stasiun kami mampir buat beli oleh2 untuk temennya rizal dicerebon dan mampir di makam  syekh alwasil syamsudin yang tempatnya g begitu jauh dari setasiun.
tempatnya searah pula dengan stasiun. disitu ada masjid terbalik pondasinya, aq masih g faham ceritanya.
akhirnya jam 12.00 kami sampai distasiun, ketika mau beli tiket. tiket malah dibayarin saudaraq.
2 harganya 70rb dibayar dengan pecahan seratus ribuan. mana kembaliannya dikasihkan ke kami malah.
akhirnya perpisahan itu terjadi. saat kereta berangkat duh rasanya sedih banget meninggalkan saudaraq.
mana kenangan dari kediri banyak banget. nikmatnya keersamaan, nikmatnya saling berbagi, nikmatnya sepiring dan secangkir untuk dbersama,
selama perjalanan dikereta hawanya g enak semua. maklum kereta ekonomi.
akhirnya sampai juga dicirebon.

ahad 26 desember 2010
jam 02.00 sampai distasiun cirebon.
jam 02.00- 05.00 kami tidur di musholla distasiun. bangun, sholat subuh, abis itu tidur lagi sampei jam
jam 06.00 kami sarapan bubur ayam didepan stasiun, sambil nunggu temennya rizal.
lama g datang2 akhirnya kami emutuskan langsung pergi ziaroh aja ke s.g.jati.
setelah ziaroh rizal ngajakin kembali ke stasiun, padahal q ngusulin untuk ketemuannya dimasjid. tapi rizaal g mau.
kami sampai distasiun n bertemu temennya yang perempuan, namanya dinar.
untung tak dapat diraih malang tak dapat ditolak, temennya lebih mentingin tugasnya, jadi ketemu cuma sebentar, n temennya menjanjikan bertemu lagi ntar sore jam 16.00 distasiun.
kami pun menyetujuinya dengan rasa berat.
setelah itu kami memutuskan kembali ke gunung jati dengan jalan kaki yang jauhnya hampir 5km lebih.
kami berjalab kaki sambil menikmati kota cirebon, yang wow belum pernah tak sanjangi.
ketika ditengah perjalanan yang hawanya semakin panas, kami mampir disuatu masjid, istirahat sambil tiduran.
g taunya kebablasan sampe ashar. n temennya bilang dah distasiun.
kami pun beranjak dari masjid untuk kembali ke stasiun.
alangkah sedihnya angkutannya ngantarnya ke stasiun kejaksaan cirebo, bukan yang perujakan.
angkutan disana aneh, muter2 g jelas. g seperti di semarang, jepara, yang jalurnya tetep.
akhirnya dari stasiun kejaksaan cirebon kami mbecak sampai st.perujakan, capek tenan, dah keujanan banyak pengeluaranlagi.
setelah bertemu rizal asyik berbincang2 sama temen perempuannya itu,
abis puas berbincang2 kami melanjutkan perjalanan mencari makan karena sejak tadi siang belum makan.
temennya rizal ngajakin makan di tenda2 nasi jamblang (makanan khas cirebon). nasi yang dibungkus sama daun jati, n lauknya milih sendiri di piring2 yang disediain.
ujan2 makan nasi jamblang, nikmat tenan.
sekitar jam 18.00 temennya rizal pulang, aku n rizal memutuskan kembali ke masjid s.g.jati.
kami bermalam di masjid .g.jati, ketika pukul 12.00 kami bangun dari tidur, kelaparan.
kami mencari makan didepan masjid. e.e.e tau tau ditengkik 25rb berdua, padahal cuma makan nasi+telur, ditambah ngecarge hape 6rb. nyebelin banget tu orang.
mana hapenya rizal kacau lagi, jadinya muspro membayar 6rb buat ngecarge hapenya.
setelah makan kami kembali tidur sampe subuh.

senin 27 desember 2010
jam 05.00-07.00 menunggu kepastian temennya rizal bisa menemui kami.
alhasil temennya g bisa, mana rizal lupa ngasi oleh2nya lagi.
kami memutuskan untuk kestasiun untuk menitipkan oleh2 tersebut.
alhamdulillah kami bertemu tukang bubur yang kemarin, jadinya oleh2 tersebut kami titipin ke pak tukang bubur.
kami pun berbincang2 sebentar sama tukang bubur tentang masalah ke jakarta.
pak tukang bubur menjelaskan bagaimana rute yang harus kami tuju.
akhirnya kami memutuskan untuk lanjut kejakarta.
jam 09.00 kami mendapatkan bis kejakarta dengan ongkos 35rb dari cirebon.
jam 11.00 dalam bis ada yang menawarkan obat herbal, aq terpana melihat cara orang itu menawarkan barangnya.
hebat, bisa tak buat contoh jika ntar menawarkan sesuatu....
jam 14.00 kami sampai di terminal kampung rambutan, duh kondektur bis tersebut bohong, katanya sampai lebak bulus...huft
diterminal kampung rambutan, kami bertanya ke pedagang asongan bagaimana rute ke ragunan.
akhirnya kami dibantu pedagang asongan tersebut sampai mendapat angkutannya. makasih pakde....
kami berhenti diperempatan trakindo, kemudian naik angkutan bernomor m-20. angkutan yang paling aku ingat dijakarta.
jam 15.00 sampailah kami dirumah saudaraq.
kami istirahat sampai sore....
kebetulan saat itu juga didepan rumah paklekq ada bazar yang rutin seminggu sekali diadakan setiap senin.
jadi malamnya kami menikmati bazaar...
kami berdua sama2 membeli jam... (maaf gbm, g beliin apa2)
setelah puas, kami kembali kerumah dan TIDUR....

selasa 28 desember 2010
pagi sampai ba'da dzuhur rizal nonton tv, sedangkan q ngabisin novel berjudul "king sulaiman and queen sheba".
keren banget novelnya, walaupun gak ada bukti nyatanya tentang king sulaiman and queen sheba,
tapi pemilihan katanya memukau, novelnya sih sekitar 250halaman. jadinya setengah hari tak kebut.
setelah dzuhur kami memutuskan pergi kepasar minggu berdua, habisnya saudaraq disana lagi g mood berpergian.
dipasar minggu rizal memilih mencari sepatu, jadinya disana muter2 nyari sepatu, tapi juga g dapat.
rizal juga mborong tas.
tapi setidaknya dihari itu aq tahu yang namanya pasar minggu.
sekitar jam 16.00 kami pulang ke rumah saudaraq.
malam harinya nonton mr.bean the holiday, lucu banget filmnya!!!
abis nonton tv agenda rutinannya "TIDUR", tapi sebelum tidur aq dah bikin rencana sama adekq bahwa besok keliling jakarta dg busway.

rabu 29 desember 2010.
jam 07.00 jam seharusnya kita berangkat, tapi molor 1 jam buat nunggu sarapan.
jam 08.00 berangkat ke kota tua jakarta barat.
kami menuju halte busway dengan angkutan m20 dulu.
setelah nyampe kami beli tiketnya yang harganya cuma 3500.
nikmatnya bisa naik busway, g macet...
bisa liat-liat kota jakarta.
kami diatas busway hampir 2 jam. itupun enak banget, bisa liat gedung2 encakar langit, bunderan Hi, monas, istana negara dan lain sebagainya.
jam 10.00 sampai juga di kota tua.
tujuan pertama ke museum bank indonesia, keren banget.
didalamnya ada sejarah, uang2 jadul, uang2 dari negara lain, uang jaman belanda dan sebelumnya.
didalamnya juga ada tumpukan emas murni, satunya seberat 3.15kg yang jumlahnya aq g tahu berpa biji.
coba aku punya sebanyak itu, mungkin dah jadi milyarder.
tujuan kedua masuk ke museum wayang.
sebelum masuk kami dihadang penjual tiket, suruh beli tentunya. 5000 buat bertiga.
kami melihat banyak wayang dari berbagai daerah diindonesia dan negara2 lain,
melihat banyak wayang dari berbagai bentuk dan bahannya,
dari wayang kulit, wayang suket, wayang pupet (thailand), wayang orang, wayang golek, wayang petehi sampai unyil pun ada....
tahu g wayang dari malaisya yang mengklaimindonesia, jelek banget bagusan yang buatan dari indonesia.
didalamnya kami juga photo2 buat mengenang sejarah.
sebelum keluar kami pergi ke penjualan souvenir dulu.
aku beli 2 gantungan kunci wayang, buat jaga2 kalo gadis berkerudung merah ntar minta oleh2.
setelah itu baru keluar, photo2 didepan museum fatahilah.
kami g masuk museum itu, coz dah diburu waktu, coz sore itu juga aq harus pulang.
kamipun bergegas ke halte busway untuk pergi ke lebak bulus.
jam 14.00 sampai juga dilebak bulus.
ketika beli tiket kami nyang2an sama agennya yang mencla-mencle....
nama busnya bus -X. jengkel aq.
akhirnya dapat tiket seharga 170rb dari harga 195rb, padahal kalo hari biasa cuma 120rb.
tapi gpplah yang penting bisa pulang sore itu juga.
setelah dari lebak bulus kami bergegas pulang kerumah karena diburu waktu.
bus berangkat jam 17.00 sedangkan jam menunjukkan pukul 14.30 dan perjalanan kerumah hampir satu setengah jam.
jam 16.00 sampai juga dirumah, kami beres2, makan dan pulang.
untungnya kami diantar paklek sama anaknya sampe lebak bulus.
alhamdulillah setemgah jam dah nyampai (sekitar jam 16.45)
bis sudah menunggu, pukul 17.00 bus berangkat
didalam bis kami juga menggerutu, habisnya bisnya g sesuai sama yang diomongin agennya.
tapi tak apalah buat pengalaman.